Pages

Senin, 26 November 2012

Sumber Maron, Gondang Legi


Namanya tempatnya adalah Sumber Maron, terletak 5 Km dari kota Gondanglegi kabupaten Malang, masih tetanggaan sama Sumber Taman.

Jalan yang kami lalui berkelok-kelok seperti ular, melewati perkuburan desa dengan seramnya tanaman kamboja yang meneduhinya. Ketika hampir mendekati tujuan, belok ke kanan, turun ke bawah menuju rerimbunan tanaman bambu alias barongan. Lumayan terjal sih, kayak lagi road cross, tapi menyenangkan Setelah melalui tanjakan yang melelahkan......Betapa terkejutnya kami semua setelah sampai ketempat tujuan. Inilah pemandangan yang tidak bisa diucapkan dengan kata-kata..........tapi untuk tempat parkirnya belum ada yang mengelola. Kami parkir di samping sungai di sebelah kami berhenti, tapi masih bisa di lihat nanti kalau kami sudah turun ke sumber. Jadi kami adalah turis plus tukang parkir, membuat agak was-was juga.

Persawahan dengan sistem terasiring, dengan haru biru berkabut awan putih yang indah berkilau, baru kali ini aku dapat melihatnya setelah pemandangan terasiring yang terkenal di Ubud Bali. Ternyata Gondanglegi juga ada, tidak kalah dengan Bali.
Langsung saja turun dengan memarkir sepeda di tepian sungai yang letaknya masih terlihat dari bawah. Berjalan di undak-undakan menurun menuju ke tempat sumber berasal. Sesampainya di bawah, kepala godak-godek serasa tidak percaya.
Semakin ke bawah aku ikuti aliran sungainya, semakin deras guyuranya. Masih ada kolam di bawahnya. Gak terlalu besar sih, tapi bisa membuat kita ketagihan untuk terus datang ke situ.
Itulah sekilas tentang Sumber Maron yang tidak bisa aku ucapkan dengan kata-kata yang serba indah nan puitis. Cuma sayang wisata alam tersebut belum ada yang serius mengelolanya. Nampak tidak ada tukang parkir dan tiket masuk yang di kenakannya.
Cobalah kau datang sendiri membuktikannya, dijamin kau akan keracunan dengan sejuknya alam sekitarnya.

NB : Berbagai Sumber 

Taurus Vocation

0 komentar:

Poskan Komentar