Pages

Minggu, 25 November 2012

Paralayang Gunung Banyak, Batu





Wisata paralayang di kota Batu adalah salah satu pilihan favorit para turis penikmat keindahan alam. Berada di ketinggian Kota Batu, lokasi wisata ini dengan mudah bisa dijangkau baik menggunakan mobil maupun sepeda motor. Untuk masuk ke wilayah wisata paralayang ini tidak di-charge apapun, cukup dengan membayar parkir kita bisa memasuki lokasi wisata paralayang.

Dalam olahraga ini, keselamatan adalah halpaling utama yang harus senantiasa diperhatikan. Bagi Anda yang belum menguasai olahraga ini secara mandiri, disediakan partner yang berpengalaman dan memiliki kualifikasi sebagai atlit paralayang untuk melayani tandem. Bebarapa instrument yang biasa dipakai adalah variometer (untuk mengukur tekanan udara, tingkat akselerasi peruabahan ketinggian), HT, dan GPS.

Dan bila kita tertarik dan tertantang untuk mencoba sensasi melayang di udara dengan pemandangan yang menakjubkan, menikmati hamparan hijaunya dalam terpaan angin segar di ketinggain … tunggu apa lagi, coba dan rasakan pengalaman dan sensasi yang tak terlupakan …

Paralayang merupakan salah satu olahraga dirgantara yang memacu adrenalin dan memerlukan keberanian tinggi untuk terbang dari ketinggian dengan memakai payung sebagai alat terbang.

Add caption
Pada tahun 1995 lokasi pertama berada di Desa Jurangrejo, untuk membuka objek TNI AU Abdurrahman Saleh membabat hutan alas, akan tetapi karena aksesbilitas, transportasi dan lokasi yang sulit, akhirnya lokasi dipindah ke Gunung Banyak. Lokasi di Gunung Banyak dibuka pada tahun 1997 oleh TNI AU Abdurrahman Saleh.
Konon cerita menurut masyarakat setempat nama Gunung Banyak berasal dari kepercayaan masyarakat tentang seorang bidadari yang mengawasi Desa Songgokerto dan Kawasan Batu dari puncak gunung yang menjelma menjadi seekor angsa (banyak), ada juga yang mengatakan menjelma menjadi seekor rusa.

Puncak Gunung Banyak juga sering digunakan sebagai tempat ritual untuk mendekatkan diri pada sang Pencipta, kepercayaan masyarakat bahwa puncak gunung merupakan tempat yang paling dekat dengan sang Pencipta. Pelaksananaan ritual dilakukan pada hari-hari tertentu (selasa kliwon). 

Banyak wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Paralayang diantaranya wisatawan domestik dan mancanegara. Untuk wisatawan domestik berasal dari Luar Kota Batu seperti Malang, Surbaya, Sidorajo, Pasuruan, Kediri bahkan dari luar propinsi Jawa Timur, sedangkan wisatawan mancanegara berasal dari Perancis, Swiss, Kanada, Spanyol, Belanda.

Selain sebagai Objek Wisata Paralayang sering juga digunakan sebagai tempat penyelenggaraan even-even dengan skala nasional maupun internasional diantaranya pada tahun 1998 digunakan untuk even Kejuaran Tingkat Daerah, tahun 1999 Kejuaran Tingkt Nasional, dan pada tahun 2000 digunakan sebagai tempat penyelenggaraan PON (Pekan Olah Raga Nasional).

Lokasi
Gunung Banyak, ketinggian 1340 dpl, berada di Kawasan Wisata Desa Songgokerto, Batu MALANG 

NB : Berbagai Sumber 

Taurus Vocation

0 komentar:

Poskan Komentar