Pages

Minggu, 25 November 2012

Pulau Sempu, Sumber Manjing

Pulau Sempu masuk dalam wilayah Kabupaten Malang, tepatnya di Malang selatan, berseberangan dengan Pantai Sendang Biru. berwisata ke Malang belum lengkap kalau tidak mampir ke Pulau Sempu. ya, Pulau Sempu menyajikan panorama alam yang begitu menakjubkan. Pulau Sempu adalah sebuah kawasan konservasi, untuk memasuki Pulau Sempu, sebenarnya pengunjung harus memiliki SIMAKSI [Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi] dari Balai Konservasi Alam [terdekat di Surabaya]. namun dalam prakteknya ternyata siapa saja bisa mengunjungi Pulau Sempu biarpun tanpa mengantongi SIMAKSI, setelah di ceramahi sebentar oleh pak petugas kita pun bisa memasuki Pulau Sempu dengan biaya admistrasi seikhlasnya.. memang hal ini memudahkan pengunjung untuk memasuki Pulau Sempu, tapi juga mengakibatkan kebersihan dan kealamian Pulau Sempu menjadi tidak terawat.. jadi, jika anda hendak berwisata ke Sempu, saya sarankan untuk membawa satu kantong plastik besar yang nantinya digunakan untuk membawa sampah anda kembali [dan membuangnya di tempat sampah]. bukankah sudah seharusnya kita menghormati dan menjaga alam kita.. :)
di Pulau Sempu terdapat banyak tempat-tempat menarik untuk di kunjungi, namun yang paling terkenal dan paling sering di kunjungi adalah Segara Anakan. saat akhir pekan atau hari libur biasanya Segara Anakan sangat ramai, puluhan hingga ratusan orang memenuhi danau air asin ini.. tenda-tenda terlihat berjajar sepanjang pesisir Segara Anakan. untuk anda yang benar-benar menikmati keindahan pulau sempu dengan suasana yang tenang dan sepi, saya sarankan untuk berangkat di hari aktif [senin, selasa, rabu].. kalau Segara Anakan lagi sepi kita bisa merasakan sensasi seperti dalam film The Beach nya Leonardo Dicaprio, sebuah pantai yang indah menjadi milik kita seorang.. apalagi jika di Segara Anakan hanya kita dan kelompok kita saja yang ada di sana, tak ada pengunjung lain.. rasanya wahhh.. bener-bener the lost paradise.. ga ada bising kendaraan, ga ada lampu-lampu kota.. hanya suara kita beradu pelan dengan suara ombak, hanya ada cahaya api unggun dikelilingi canda ringan teman-teman.. top markotop dah.. 
 
TRANSPORTASI Menuju Pulau Sempu

1.Transportasi [dari arah Kota Malang]
-dari Terminal Arjosari naik angkutan umum menuju Terminal Gadang [Rp 2.500]
-dari Terminal Gadang naik bus jurusan Dampit dan turun di pasar Turen [Rp 5.000]
-dari Pasar Turen naik angkot jurusan Sendang Biru [Rp 12.000]
-di Sendang Biru setelah mengurusi perijinan anda tinggal menyebrang ke Pulau Sempu dengan menyewa kapal [Rp 100.000 per kapal - antar jemput]
2.Perijinan
SIMAKSI [Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi] dari Balai Konservasi Alam. namun seperti yang tadi saya ceritakan, dalam prakteknya kita hanya datang ke Pos Petugas di Sendang Biru lalu membayar biaya administrasi seikhlasnya.. setelah tanda tangan dan mengucapkan terima kasih kita pun bisa masuk kawasan Pulau Sempu.

INFORMASI PULAU SEMPU [Malang]

setelah menyebrang, kita harus berjalan kaki sekitar 2 - 3 jam untuk menuju Segara Anakan. waktu tempuh tersebut bisa berubah tergantung kondisi medan yang di lalui, apabila sedang musim hujan maka medan akan menjadi sangat licin dan penuh lumpur sehingga memerlukan waktu sekitar 4-5 jam untuk menuju Segara Anakan. bahkan seorang teman pernah bercerita harus menempuh waktu selama 9 jam untuk menuju Segara Anakan.
menuju Segara Anakan kita akan melewati hutan rimba, habitat yang sering dijumpai adalah monyet. namun Petugas bilang di Pulau Sempu juga banyak terdapat berbagai jenis ular, dll

 NB : Berbagai Sumber 

Taurus Vocation

0 komentar:

Poskan Komentar