Pages

Rabu, 28 November 2012

Pantai Goa Cina, Sitiarjo


Pantai Goa Cina merupakan salah satu pantai di Malang yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Baru beberapa tahun belakangan ini agak popular. Terletak di sebelah barat pantai sendang biru. Kealamian alam pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang pernah singgah disini

Kawasan pantai Goa Cina sendiri berada di Desa Bantengan, Malang, Jawa Timur. Selain kealamian alamnya dan kebersihan pantai yang masih terjaga, pantai tersebut juga menyediakan area kemping untuk Anda yang suka berkemah. Akses jalan menuju ke goa cina juga sudah lumayan bagus. Terletak di dekat jalan lintas selatan yang lebar dan mulus.

Untuk menuju pantai tersebut, bisa menghabiskan waktu sekitar 2 jam dari kota Malang. Ketika memasuki kawasan Pantai Goa Cina, gemuruh ombak menyambut kedatangan Anda. Dari jauh, suara ombak itu sudah bisa kami dengarkan dengan jelas.
Keistimewaan pantai Goa Cina ini adalah pemandangan alamnya yang masih asri dan masih alami dan beberapa pulau-pulau kecil di tengah laut ikut menghiasi keindahan alam pantai Goa Cina.


Pantai Goa Cina terletak di Koordinat   8° 26′ 51″ S   dan  112° 39′ 8″ E adalah Pantai Selatan di Kabupaten Malang yang berada di tengah-tengah antara Pantai Sendangbiru dan Pantai Bajulmati atau berjarak sekitar 10 Menit dari Pantai Sendangbiru. Goa Cina sebuah nama yang disematkan untuk Pantai tersebut, asal muasal di Bibir pantai tersebut ada pulau kecil yang berlubang dan bisa di tempati manusia, konon katanya pada zaman dahulu kala ada seorang dari warga negara cina yang bersembunyi disitu untuk menghindari pengejaran tentara belanda sehingga disebutlah Goa Cina dan pantainya dinamakan Pantai Goa Cina. Pantai Goa Cina merupakan Pantai yang masih memiliki nilai eksotisme tinggi, dibalut dengan pasir Putih dan karang-karang yang cantik di bibir Pantai.
Pantai Goa Cina memiliki arus laut yang deras serta ombak yg cukup besar, tetapi untuk tempat yang biasa di kunjungi tidak memiliki ombak besar karena ada beberapa Pulau kecil yang berdiri di depan untuk menghalangi ombak besar tersebut seperti yang terlihat pada gambar dibawah, sehingga di saat air laut sedang surut bisa digunakan kesempatan untuk mencari ikan-ikan kecil di selah-selah batu karang yang cantik.


Selain menikmati keindahan pantai, Anda juga bisa menikmati pesona Goa Cina yang terletak di salah satu karang terbesar. Konon goa ini sering dikunjungi olah masyarakat guna meminta berkah atau mencari peruntungan dengan datang membawa batang pohon pepaya ke gua tersebut untuk bermalam.
Namun Anda perlu sedikit hati-hati karena ombak di Pantai Goa Cina cukup besar. Jadi pantai ini tidak cocok untuk melakukan kegiatan berenang maupun menyelam.


NB : Berbagai Sumber 

Taurus Vocation

0 komentar:

Poskan Komentar