Pages

Selasa, 27 November 2012

Pantai Jonggring Saloko, Donomulyo


Pantai Jonggring Saloka. Hmm, Jonggring Saloka? Seperti nama kawah Gunung Semeru ya? Yap, nama “Jonggring Saloka” selain digunakan semagai penyebutan kawah Gunung Semeru, juga digunakan sebagai nama sebuah pantai di barat daya Kabupaten Malang ini. Pantai Jonggring Saloka berada di daerah kecamatan Donomulyo, desa Sumberoto, Kabupaten Malang. Sekedar informasi, konon pantai ini merupakan pantai paling barat dari rangkaian pantai yang dimiliki Malang, dan setelah melewati pantai ini, bagian baratnya sudah masuk wilayah Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar.

Hmm, sebelumnya aku tidak percaya sih kalau pantai ini merupakan pantai paling barat di Kab. Malang, dan seindah apa sih pantainya? Maka dari itulah rasa penasaranku muncul, dan akhirnya aku pun memutuskan berangkat untuk mengeksplore daerah tersebut..hehehe

Pantai jonggring saloko terletak ± 11km dari desa donomulyo yaitu didesa mentaraman menuju dusun gondangtowo ujung selatan. Jalan menuju pantai yang juga tergolong sulit ,jalan berbatuan serta di kelilinggi pepohonan di ruas jalan, medan tanah liat yang ekstrim dan pabila kaluk musim penghujan menjadi medan lumpur dingin yang sangat menguras fisik dan tenaga sehingga pantai jonggring saloko saat ini jarang pengunjungnya. Selain jalannya yang rusak daerah pantai juga tak terawat dengan baik, gapura pantai terlihat kumuh bahkan terlihat angker ditambah dengan gubuk gubuk bekas warung dan tempat parkir yang hampir roboh.sebenarnya pantai jonggring saloko sangatlah indah dan menarik sebagai tempat rekreasi, yang mana terdapat beberapa lokasi, yaitu adanya bross, dan adanya cob belut.


Disore hari kita bisa melihat Sunset yang indah (matahari terbenam). dan saat sunset tiba, anda akan melihat betapa air laut berubah menjadi jingga terbias cahaya sang surya. Keelokkan berikutnya adalah COB BELUT. yang dimaksud dengan cob belut sebenarnya adalah Fenoma alam dimana ombak yang datang akan terhisap kesebuah lubang dan tak lama kemudian ketika ombak surut, lubang tersebut akan memuntahkan kembali air laut yang terhisap tadi keatas sehingga air laut kembali ada.Muntahan air tersebut akan berbentuk seperti payung raksasa jika anda melihat fenomena ini dari HIGH VIEW.


Fenomena alam berikutnya yang tak kalah dahsyatnya adalah  WATU NGEBROSSS .Kejadiaan alam ini sebenarnya hampir sama dengan cob belut hanya saja lubang yang menghisap air yang datang mempunyai celah sedikit lebih sempit sehingga tekanan air laut yang dikeluarkan lebih besar hingga mampu mengeluarkan suara BROSSS. Oleh Karena itu masyarakat sekitar memberi nama NGEBROSS yang berasal dari suara yang dikeluarkan oleh tekanan air laut.Butir – butir air yang keluar bersama semburan jika terkena sinar matahari yang terik akan membiaskan beragam warna seindah pelangi.

NB : Berbagai Sumber 

Taurus Vocation

1 komentar:

tuhu satriyo mengatakan...

rekomend nih pantai

kunjung balik ya..

Poskan Komentar