Pages

Senin, 03 Desember 2012

P- WEC Petungsewu, Dau


Bagi sebagian besar warga masyarakat Malang Raya, nama P-WEC mungkin terasa asing. Namun sebenarnya, lokasi P-WEC yang berada di Jalan  Margasatwa 1, Desa Petungsewu, Kec. Dau, Kab. Malang ini, menyajikan keindahan dan wawasan tentang pelestarian alam yang sangat memadai. Di tempat ini anda tidak akan menjumpai hewan-hewan yang dikurung dalam jeruji besi atau sangkar karena P-WEC sangat menghormati kebebasan satwa liar. Ada sekitar 85 jenis burung yang dibiarkan terbang bebas di kawasan P-WEC. Saat tim Pesonamalangraya berada di lokasi, berkali-kali tim kami melihat tupai yang berloncatan dari satu pohon ke pohon lainnya dengan bebasnya.

Ruang Depan dan Tangga Masuk ke Kawasan P-WEC
Jika anda berkesempatan mengunjungi P-WEC, anda akan disambut oleh resepsionis yang ramah di ruang “Information Center”. Di sini anda bisa bertanya beraneka macam hal tentang seluk-beluk P-WEC. Jika perlu, anda juga bisa minta dipandu untuk berkeliling di sekitar kawasan P-WEC. Setelah melewati ruang “Information Center” anda harus menyiapkan tenaga anda untuk menaiki tangga sejumlah 75 anak tangga yang cukup mendaki untuk masuk dalam area P-WEC.
Tangga Menuju ke Area P-WEC
Sebelum berkeliling di sekitar kawasan P-WEC, ada baiknya juga anda mencicipi menu yang disediakan di “Cafe Primata” dengan nama-nama menu makanan dan minuman ala P-WEC seperti Nasi Goreng Rimba, Tempe Penyet Petungsewu dll. Di sepanjang jalan dan di area manapun, anda akan menjumpai lampu-lampu penerangan yang dikemas atau dimodifikasi ke dalam bentuk lampu minyak.
Cafe Primata dan Menu dengan Nama Khas Ala P-WEC
Petungsewu Wildlife Education Center (P-WEC, dibaca ‘piwec’) adalah pusat pendidikan informal tentang pelestarian alam yang didirikan oleh ProFauna Indonesia pada akhir tahun 2003. Di P-WEC  metode pendidikan yang dipakai adalah pendidikan pengalaman (Experiential Learning). Dalam pelaksanaannya, alam digunakan sebagai media belajar, sebagian besar waktu belajar dihabiskan di luar ruangan (Outdoor).
Kamar Mandi dan Sarana untuk Bermalam yang Memadai
Di P-WEC, kita belajar tentang pelestarian alam melalui permainan, petualangan dan rekreasi, dengan ditunjang oleh suasana yang alami, sejuk dan bernuansa pedesaan, serta didampingi oleh fasilitator yang berpengalaman. Program edukasi informal yang ditawarkan P-WEC sangat bervariasi. Mulai dari program tentang ekosistem sungai, ekosistem hutan, mengenal serangga, mengenal keragaman satwa liar, pengamatan burung, pohon, recycle and re-use, hingga tentang kesejahteraan satwa. Program edukasi ini bukan hanya dilaksanakan di dalam kawasan P-WEC, namun juga di hutan dan sungai yang ada di sekitar P-WEC.
Sarana Outbound Permanen
Selain program edukasi tentang konservasi alam, P-WEC yang bekerja sama dengan BIDO Adventure juga menawarkan program Outbound dan Adventure dengan fasilitas Outbound yang permanen, berkualitas, dan telah terbukti keamanannya. Ratusan organisasi dan perusahaan telah melakukan program Outbound dan Team-work Building di P-WEC didampingi oleh fasilitator yang ramah dan berpengalaman.

P-WEC juga menyediakan program-program yang sangat menarik untuk diikuti bagi anda yang gemar berpetualang antara lain:
Program Outdoor Education, terdiri dari:
  • Nature and Wildlife Education: Dalam program ini peserta akan belajar nilai-nilai kebaikan dan rasa respect terhadap lingkungan sekitar dan satwa liar melalui Outdoor Education Game. Lokasi Kegiatan : P-WEC dan sekitarnya.
  • Tour d’Jungle: Dalam program ini peserta akan diajak berpetualang di tengah hutan. Program ini dikemas dengan fun, penuh petualangan dan permainan. Lokasi Kegiatan : Gunung Sari (untuk anak play group sampai siswa SMP) dan Coban Glotak (SMA ke atas).
  • River Expedition: Dalam Program ini peserta akan diajak pergi ke sungai yang alami di pinggir hutan pinus yang berdekatan dengan perkebunan jeruk. Lokasi ini berjarak 2 km dari P-WEC yang bisa di tempuh dengan minibus. Lokasi Kegiatan : Sungai Bedengan.
  • Primate Watching: Peserta akan dipandu oleh fasilitator P-WEC melakukan nature trail di Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soeryo untuk melihat kehidupan primata di alam. Lokasi : Tahura Raden Soerjo – Cangar.
  • Bird Watching: Dibantu fasilitator profesional di P-WEC, peserta akan melakukan nature trail mengenal keanekaragaman dan kebiasaan perilaku alami burung yang ada di alam. Lokasi :  Tahura Raden Soerjo – Cangar.
  • Petani Cilik: Selama kegiatan program ini peserta akan diajak berperan seolah-olah menjadi petani. Untuk menjadi petani, maka peserta akan diajak melakukan kegiatan bercocok tanam mulai dari menanam, menyirami, memanen hasil kebun untuk diolah dan dimasak sendiri oleh peserta dengan dipandu fasilitator P-WEC. Lokasi Kegiatan : P-WEC dan sekitarnya.
  • Green Art: Peserta akan belajar membedakan jenis sampah dan mengelola sampah menjadi karya seni yang ramah lingkungan. Lokasi Kegiatan : P-WEC.
  • Detektif Alam: Dalam program ini peserta akan diajak untuk mengeksplore alam lebih dalam dengan menjadi detektif yang penuh rasa ingin tahu yang tinggi. Lokasi Kegiatan : P-WEC, Gunung Sari, Coban Glotak, Hutan Cangar.
Program Outbound and Adventure
Program petualangan, wisata alam dan outbound di P-WEC juga dilengkapi dengan informasi dan tips tentang pelestarian alam karena P-WEC sangat menjunjung tinggi nilai-nilai konservasi alam. Program outbound dan wisata alam tersebut antara lain:

Outbond Training
Family Gathering
bird Watching
In The Jungle
Live In Village
Trekking
Bromo Adventure
Merubetiri Adventure

Semua program outbound dan adventure di P-WEC dilengkapi dengan asuransi. Khusus program outbound akan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, termasuk lokasi outbound yang bersifat fleksibel. P-WEC juga siap melayani program sesuai dengan permintaan pelanggan.
Camping Eksklusif, Camping yang Nyaman dan Aman
Bungalow Merak • Api Unggun • Area Perkemahan
Program Camping Eksklusif yang ditawarkan oleh P-WEC adalah untuk menjawab keinginan keluarga atau anak yang ingin back to nature dengan cara camping di alam terbuka dengan mudah. Tenda yang digunakan di program Camping Ekslusif itu adalah tenda yang berkualitas dan di dalam tenda juga dilengkapi dengan kasur dan bantal.
Lokasi camping berada dalam kawasan P-WEC yang lingkungannya asri dan keamanannya terjaga. Selain pengalaman tidur di tenda yang menyenangkan, dalam program Camping Eksklusif ini anda juga akan dikenalkan dengan berbagai jenis tumbuhan dan burung liar yang ada di P-WEC. Di pagi harinya, anda juga akan dipandu untuk trekking menyusuri ladang petani dan kehidupan pedesaan yang asri. Di sekitar lokasi Camping Eksklusif P-WEC, anda akan diajak melihat perkebunan kopi, jati, ladang, dll. Hanya dengan Rp 125.000 per-orang per-malam anda sudah bisa mengikuti program Camping Eksklusif di P-WEC!
Fasilitas standar program Camping Eksklusif:
  • Tenda plus kasur, bantal dan sleeping bag
  • Makan 2 X (malam dan pagi)
  • Toilet
  • Pemandu trekking
Selain paket standar, P-WEC juga menawarkan paket Camping Eksklusif Plus.
Dalam paket Camping Eksklusif Plus, selain fasilitas standar, anda juga akan mendapatkan tambahan fasilitas berupa api unggun, bakar singkong dan belajar memasak di kompor lapangan ala petualang sejati.
Minimum jumlah peserta adalah 2 orang. Sedangkan harga Camping Eksklusif Plus adalah Rp 200.000/orang.
Cafe Primata:
Café Primata yang berada di sisi timur dari kawasan P-WEC menawarkan makanan dan minuman tradisional Jawa yang sehat. Semua makanan yang dijual di Café Primata tidak menggunakan bahan pengawet kimia, dan tidak menggunakan penyedap rasa buatan. Bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan alami yang aman untuk anda dan lingkungan.
Cafe Primata
Café Primata juga menjual kopi jawa murni yang mempunyai cita rasa tersendiri. Kopi jawa yang diberi merk “SUN BIRD” (artinya burung madu) ini bukan hanya harum baunya, tetapi nikmat rasanya. Proses pembuatan kopi SUN BIRD menggunakan cara tradisional.
Anda juga bisa mencoba aneka makanan tradisional Jawa yang mungkin anda sudah lama sekali tidak mencicipinya. Ada nagasari, kucur, cenil, onde-onde, ketan bubuk, weci, pisang goreng, dll. Semuanya diolah dengan cara tradisional dan menggunakan minyak kelapa murni.
Café Primata yang daya tampungnya sampai 120 orang ini bisa juga digunakan untuk pertemuan. Udaranya yang segar dan suasana yang alami memberikan nuansa sendiri dalam pertemuan anda.
Secara keseluruhan fasilitas yang disediakan oleh P-WEC yaitu:
  • Mess Parrot
  • Mess Penyu
  • Asrama
  • Bungalow
  • Balai Pertemuan
  • Cafe Primata
  • Fasilitas Outbound Permanen
  • Fasilitas Outbound for Kids
  • Camping Ground
  • Fasilitas Lainnya seperti: Gubuk Lesehan, Information Center,  dll.
Informasi lebih lanjut silakan hubungi:
Petungsewu Wildlife Education Center

NB : Berbagai Sumber 

Taurus Vocation

0 komentar:

Poskan Komentar