Pages

Sabtu, 24 November 2012

Coban Rondo Batu

Coban Rondo merupakan air terjun yang terletak di Desa Pandesar, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Coban Rondo merupakan daerah wisata Kota Batu. Coban dalam bahasa Indonesia biasa di sebut air terjun, sedangkan Rondo dalam bahasa Indonesia yang berarti janda. Untuk menempuh ke Coban rondo, yang berjarak 12 KM dari arah Kota Batu, bisa menggunakan mobil, motor, atau bus.


Wisata Coban Rondo adalah objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di daerah Batu. Letaknya yang berada di lereng gunung Kawi membuat suasana di area Coban Rondo sangat sejuk dan alami. Objek wisata yang terletak di ketinggian1.135 meter diatas permukaan laut ini berada di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang Anda dapat menggunakan jasa sewa mobil di Malang atau menggunakan paket wisata Malang Batu kami, dan perjalanan ditempuh 45 Menit dari kota Malang. Areanya yang rimbun dan membuat anda merasa fresh karena banyak menghirup Oksigen ini sangat cocok untuk tempat mengambil gambar atau mengabadikan perjalanan wisata Anda di area Malang. Diarea objek wisata yang mempunyai suhu rata-rata 22 derajat celcius ini anda juga dapat melihat kera-kera liar yang sangat lucu, tetapi anda harus tetap siaga karena kera-kera ini dapat juga mencuri barang-barang berharga. Air terjun dengan ketinggian 84 meter ini terlihat sangat megah karena mencurahkan begitu banyak air, pada musim hujan debit air sampai dengan 150 liter per detik sedangkan pada musim kemarau debit air sekitar 90 liter per detik.
Legenda Coban Rondo adalah sepasang suami yang baru menikah, sang istri bernama Dewi Anjarwati yang berasal dari gunung Kawi dan sang suami bernama Raden Baron Kusuma yang berasal dari gunung Anjasmara. Ketika pernikahan sudah mencapai 36 hari (selapan), Dewi Anjarwati mengajak suaminya untuk mengunjungi gunung Anjasmoro, daerah asal suaminya. Orang tua Dewi Anjarwati melarang keduanya pergi karena baru selapan. Tetapi, Dewi Anjarwati dan suaminya tetap berkeras untuk pergi. Di tengah jalan mereka bertemu Joko Lelono yang tidak diketahui asal-usulnya dan dia terpikat oleh kecantikan Dewi Anjarwati. Akhirnya perkelahian tidak bisa terhindarkan antara Raden Baron Kusuma dan Joko Lelono, lalu Raden Baron Kusuma berpesan kepada Punokawan yang menyertainya untuk menyembunyikan Dewi Anjarwati di tempat yang ada “Coban” nya. Perkelahian tidak berhenti sehingga menewaskan ke dua nya, sehingga Dewi Anjarwati menjadi Janda yang dalam bahasa jawa adalah “Rondo”. Sejak saat itu tempat Dewi Anjarwati menunggu suaminya tersebut di sebut “Coban Rondo” dan konon Batu besar dibawa air terjun tersebut adalah tempat duduk Dewi Anjarwati.

NB : Berbagai Sumber 

Taurus Vocation

0 komentar:

Posting Komentar