Pages

Rabu, 28 November 2012

Air Terjun Coban Talun, Batu


air terjun coban talun merupakan salah satu ikon kota wisata batu yang belum tergarap secara maksimal. Dengan lokasi di kaki gunung menjadikan kota batu kaya akan sumber air. Sumber air yang berasal dari berbagai mata air meluncur deras ke kota batu. Sumber air alami yang mengalir di pegunungan menjadi sungai yang bersih dan berkilauan. Salah satunya adalah air terjun Coban Talun yang terletak di desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Untuk mencapai kawasan ini memang tidak mudah. Selain dituntut kehati-hatian, juga diperlukan tenaga ekstra. Pengunjung harus melewati aliran sungai dan menembus perbukitan yang tajam dan berkelok. Jalan setapak menuju lokasi amat sempit, licin dan curam. Sementara, di kiri kanan jalan setapak sepanjang 2km itu dikelilingi jurang. Namun begitu anda tiba di lokasi air terjun, rasa lelah akan segera berganti dengan rasa lega, senang, dan kagum akan keindahan pemandangan alam Coban Talun.

air terjun ini akan lebih eksotis jika dilihat pada jarak yang cukup dekat dengan lokasi jatuhnya air dengan ketinggian sekitar 75 meter tersebut. Gemuruh suara benturan air dengan batu cadas di bawahnya menambah sensasi semburan air terjun yang terasa seakan mengguyur sekujur tubuh. Pemandangan di sekitar lokasi air terjun akan bertambah elok karena selain bisa menikmati gemuruh deburan air terjun, anda juga bisa menyaksikan banyak pelangi. Pemandangan pelangi aneka warna itu akan bisa disaksikan di setiap sudut lokasi air terjun.

Harga tiket masuk ke Coban Talun adalah 4.000 per orang, sedangkan motor 1.000. Setelah pos kita harus melewati jalan yang sangat buruk. Jalan tersebut hanya berupa batu-batu yang berukuran agak besar kemudian ditata di jalan. Cukup efektif agar jalan tidak ambles di musim hujan karena kendaraan yang biasa lewat situ adalah truck pemuat pasir. Namun dengan mengendarai kuda besi di jalan tersebut kami serasa naik kuda beneran. Untungnya jalan jelek tersebut tidak terlalu panjang, hanya sekitar 200-300 meter.

Bagi yang suka dengan petualangan coban talun merupakan salah satu tempat yang sangat di rekomendasikan. Disamping masih lebih alami, medan menuju coban Talun juga sangat menantang.

 

NB : Berbagai Sumber 

Taurus Vocation

0 komentar:

Posting Komentar